Wednesday, October 17, 2007

2 Juta

Gua punya uang lebih 2 juta rupiah. Uang itu di luar tabungan gua, tagihan bulanan, persembahan, dll. Rencananya uang ini mau gua ternakkan, tapi gak tau gimana caranya. Pengennya sih gua mau gunakan uang ini buat usaha kecil-kecilan. Ya.. semacam latihan ringanlah untuk mempersiapkan diri menjadi pengusaha besar di kemudian hari. Tapi ya gitu, kalau emang gagal ya berarti gua harus ngerelain duit ini melayang dari sekarang.

Gua bingung juga sih gimana caranya melipatgandakan uang itu. Ada yang punya saran?

Apa gua kasih aja ke temen gua yang suka judi bola? (kayaknya gak mungkin banget deh itu; dan gua gak ngerti bola juga)
Atau gua beli aja mie sekardus terus gua jual ke tetangga sekitar?
Atau gua kasiin aja ke tetangga yang pada nganggur tuh di sebelah rumah, suruh jualan bakwan kek, es nong-nong kek, atau apa kek?
Atau gimana ya? Gua mau nyobain usaha apa?
Atau gua simpen lagi aja ya?

Kalo gak salah dulu gua pernah belajar di kuliahan namanya bikin bussiness plan. Di situ dipelajari juga perbandingan-perbandingan menternakan uang. Pembanding paling dasar adalah suku bunga bank. Kalo misalnya sampe waktu tertentu (tarohlah 2 taon), hasil dari perhitungan yang gua dapatkan untuk usaha gua lebih kecil dari gua nabung di bank, mendingan gua nabung di bank. Jadi kayaknya gua mesti ngitung-ngitung ulang nih. Lucu juga! Bikin business plan untuk uang sebesar 2 juta. Gak apalah itung-itung belajar jadi pengusaha muda. Sapa tau aja dari 2 juta berkembang jadi 20 juta, 200 juta, 2 milyar. Lumayan kan, langsung beli rumah, sama sekolah lagi di Queen Mary tanpa harus repot-repot cari beasiswa. Hahahaha...

4 comments:

Anonymous said...

hmm...sahat...aku bagi2 yg ada dipikiranku ya..
pertama; gmna klo uang lebih 2jt nya ditabung dl, ntr klo dah 10jt baru di deposito or reksa dana...

kedua; klo berani ambil resiko dan punya banyak waktu main saham or valas tapi resiko tinggi...

ketiga; kasikan aku aja, kan ktmu klo aku jatuh miskin kau siap membantu ^_^

met memikirkan

-virgonia-

Unknown said...

lama banget deh... supaya jadi 10 juta tuh

maksud loh... dikasih. Iya nih masih mikir2. Lumayan lah untuk pembelajaran.

Thanks

Credo said...

yap.. bisa dipikir2kan untuk diternakkan. Kurasa bagus klo bs ngobrol2 dulu sama tetanggamu yg nganggur itu, kali aja dia punya skill apa gitu yg bisa diusahain.. Kau jadi pemodal, hehe..

Alternatif lain mgkn bisa jg investasi untuk self-development, hehe. Maksudnyah, kali aja mau belajar fotografi jadi bisa beli kamera and kitnya.. Ato untuk ikut conducting class ato vocal class yang nantinya bisa dipakai untuk mengembangkan choir di gereja.. Ato apalah, yg selama ini blom bisa dilakukan.. Rasanya bisa jadi opsi yg bagus jg (klo mau :D)

Unknown said...

Iya juga yah... investasi sektor non riil. Belajar bahasa Jerman gitu kali yah misalnya.. Hmm... need to consider juga rasanya.