Friday, October 05, 2007

UWB

Apa sih sebenernya UWB itu?

UWB atau Ultra Wide Bandwith adalah salah satu teknologi alternatif masa kini untuk komunikasi data nirkabel ngebut atau bahasa bataknya mah high speed wireless data communication. UWB didefinisikan sebagai komunikasi nirkabel yang menggunakan pita frekuensi lebih dari 2o% frekuensi tengahnya atau sekitar 500 MHz dari pita frekuensi. Teknologi ini menjadi sorotan banget karena low-cost dan konsumsi dayanya yang rendah untuk aplikasi komunikasi konsumen.

Biasa emang, kalo teknologi udah canggih-canggih kayak gini pasti ada aja masalahnya. Masalahnya adalah kompleksitas pada sisi penerima. Masalah konsumsi daya, delay, low-cost semua sih udah tertangani, tapi masalah di sisi penerima malah nambah. Penerima yang kompleks dibutuhkan untuk seleksi frekuensi, penanganan multipath fading, dsb. Yang pastii trade off-nya sekitaran-pada teknologi ini-performa penerima, kapasitas kanal, dan kompleksitas penerima.

Teknologi ini terdiri dari tiga, yang terkenal. Ada
OFDM, ada (Impluse Radio) IR-UWB ama ada (direct sequence) DS-UWB. Kalo IR-UWB ciri-cirinya memiliki pulsa-pulsa ultra-short, daya rendah, dan imun terhadap interference. Sementara DS-UWB dicirikan dengan limited low emission dan lebar pita sekitar 1.5 dan 3 GHz.

2 comments:

Pojok Hablay said...

menarik. coba deh ceritain lebih dalam bahasa yang gue ngerti..hihihihihi

Unknown said...

jangankan lu mel. gua juga gak terlalu ngerti. ceritanya nulis supaya makin ngerti. tapi gak berhasil tuh. hhehehehehehhe...