Friday, July 18, 2008

Nintendo

Gua inget banget kejadian ini belasan tahun yang lalu. Waktu itu gua masih duduk di kelas 5 SD, tapi gua yakin banget kalau kejadian waktu itu berpengaruh banget ama kehidupan gua sekarang ini.

Alkisah waktu itu tetangga depan rumah dibeliin Nintendo ama nyokapnya. Anak itu seumuran ama gua. Batak juga, Kristen juga. Tapi kami sekolah di tempat yang berbeda. Dia di sekolah Strada-Sekolah Katolik, dan gua di SD Negri Inpres nan kumuh. Dulu sih kami cukup karib. Walaupun, yah namanya anak-anak sering tengkar dan ngerasa paling kuat disbanding yang lain. Gua pribadi ngerasa dia itu saingan waktu itu. Gua ngerasa gua harus ngerasa lebih dari dia waktu itu. Jadi ya gitu deh. Begitu dia dibeliin Nintendo ama nyokapnya gua enak-gak enak gitu setiap main Nintendo di rumah Dia.

Jaman itu yang terkenal adalah Sega, Video Cassete ama LD dan waktu itu belom ada VCD apalagi DVD. Tentu saja teman depan rumah gua itu selalu membangga-banggakan teman-temannya di sekolah yang memang cukup bonafit dibanding SD Inpres macam tempat gua belajar. Serunya:

“Temen gua si Bimo, yang rumahnya di Dewa Kembar, Beh… Dia udah punya Sega”.

Gua sih sebagai anak Kampung tulen dari Priok senyum-senyum aja ngedengernya. Dan emang bener. Pernah juga gua diajak ke rumahnya si Bimo itu. Rumahnya emang gede banget. Dan gua ngeliatin komplotan mereka lagi pada maen Sega. Gua sih cuma ngeliatin aja, sambil berbicara kepada diri sendiri

Sebenernya ngapain sih gua di sini. Cuman ngeliatin mereka maen. Diajak maen juga nggak. Udah gitu, kalopun diajak maen, ya gua gak bisa.

Dan emang gua gak bisa melakukan sebaliknya. Yang belajar di SD Inpres itu adalah sekumpulan anak kampung yang waktu gua bilang Nintendo atau Sega, mereka gak pada ngerti. Namanya juga anak-anak nelayan, anak-anak kuli panggul kayu di pelabuhan, mana kenal begitu-begituan. Meskipun begitu, gua sebenernya lebih seneng maen ama anak-anak kampung itu sih dari pada sama anak-anak borju komplotan depan rumah gua itu. Bukannya apa-apa gua gak ngerti kehidupan mereka.

Kira-kira gini kali ya perbandingannya:






Mainan Anak Kota



Mainan Anak Kampung






Nintendo



Gobak Sodor






Sega



Lompat Tali






In Line Skate



Sepatu Roda






Skate Board



Naik perahu di laut

Puncaknya adalah waktu gua akhirnya memberanikan diri minta dibeliin Nintendo ama Nyokap gua. Sebenernya gua gak enak banget sih ama Nyokap waktu itu. Gua (udah) ngerti, kalo nyokap mesti nyekolahin 5 anak sekaligus dan udah ada yang SMA, sementara keluarga depan rumah kan cuma nyekolahin 3 anak dan itu pun semua masih SD. Tapi tetep, gua maksa minta ama Nyokap. Seharian gua merengek. Ngambek. Bener-bener cuman di kamar doang. Seharian nangis. Mogok makan. Mogok belajar. Mogok apapun. Cuma mengurung diri di kamar tanda protes atas ketidakmauan Nyokap beliin gua Nintendo.

Jujur waktu itu gua sih sedih. Gua sedih karena keluarga gua gak mampu beliin gua Nintendo. Dan gak bisa dilakuin apa-apa lagi tentang hal itu. Intinya, emang keluarga gua miskin.

Nah, waktu ngerengek gitu, gua suka banget keputusan yang diambil Nyokap gua. Dia bukannya memanjakan gua, beliau malah ninggalin gua ngajar. Beliau adalah guru PPKN SMP. Bahkan ketika Bokap pulang narik (maklum Supir Angkot) pun, Bokap yang mencoba menenangkan gua. Tapi ya tetap, Nintendo gak dibeliin.

Gua suka sekali keputusan kedua orang tua gua untuk TIDAK membelikan gua Nintendo. Ya udah akhirnya gua berusaha menerima aja. Kadang maen ke tetangga depan rumah kalau maen Nintendo, dengan sedikit rasa gengsi tentunya, kadang memilih permainan yang lain seperti Kelereng, Gambaran, dll. Sampe akhirnya Nintendo teman depan rumah itu rusak. Kadang gua suka sedih juga, soalnya di hari-hari , minggu-minggu, bulan-bulan berikutnya, nyokap sering nanya-nanya berapa harga Nintendo ke orang-orang, kalau-kalau budget dia udah cukup untuk beli tuh barang. Tapi ya tetep aja gak dibeliin. Mungkin karena ini juga kali ya, masa kanak-kanak gua kurang bahagia. Hahahahahahaha.

Sebenernya yang pengen diangkat di sini adalah dua cara yang berbeda dalam mendidik anak.

  1. Teman gua, karena dia anak laki satu-satunya (di Batak sangat di banggakan), maka semua keinginan dia dipenuhi oleh kedua orang tuanya.
  2. Gua yang diajari sama nyokap gua kalau gua belum tentu menerima semua hal yang gua inginkan.

Dan memang, kalau gua melihat hasilnya sekarang ini sangat berbeda. Gua merasa gua lebih beruntung dari teman depan rumah gua ini. Gua berada di track yang benar. Setidaknya begitu menurut gua. Sementara Ia akhirnya stuck dengan pekerjaannya sebagai sekuriti kampung dikarenakan ketidakmampuannya menembus akademi polisi.

Orang tua yang baik bukanlah orang tua yang selalu menyenangkan anaknya, melainkan yang selalu memikirkan masa depan anaknya.

7 comments:

Anonymous said...

Saya setuju denganmu bro, soalnya nyokapku tegas dan disiplin dalam mendidik anak-anaknya.
Semoga kita semua menjadi orang yang sukses dan bahagia tentunya

GBus

IYA said...

Haha sama gw juga waktu kecil minta dibeliin video games gituan (nintendo, sega, dll) kaga pernah dikasih, walaupun udah bertingkah laku semanis mungkin :D Mungkin kalo waktu kecil kita akhirnya dibelikan, ceritanya bakal laen ya...ga akan kuliah bareng heuheu

Unknown said...

Iya...

Hebat yah nyokap-nyokap kita.
Bravo!

Anonymous said...

salut sama nyokap elu... gue juga sampai skrg kalau mikir2 jaman kecil dulu yang cuma pernah punya boneka 1 biji seumur hidup... ngga pernah dibeliin mainan lain... malah bersyukur.

salut juga sama dirimu, yg skrg sudah bisa menghasilkan jutaan dollar :)

Unknown said...

Iya... nyokap2 emang d' best.

Susah kali ya nti kalo jadi orang tua. Gak gampang.

Sama gua juga bersyukur.

Salut mah untuk dirimu Prof'.

Verena Maya said...

salut sahat, ama nyokap.
Keputusan bijak.

Gw juga seneng ni ama masa kecil gw, yang kagak melek brand2 terkenal. Jadi pas udh gede, ga terlalu peduli kudu punya barang ber-merk hehehe.

Anyway, i wanna be like them!
Hidup para ortu!

Unknown said...

@ verena

hidup!