Wednesday, January 02, 2008

Tahun 2008 = Tahun Kasih

Udah 2 tahun belakangan ini gua baca buku di akhir tahun. Dan so pasti setiap seseorang membaca buku pengaruhnya akan sangat besar dalam kehidupan pembaca tersebut. Apalagi orang kayak gua, gua paling malas bertanya 2 kali untuk setiap buku yang gua baca. Gua akan setuju dan manut-manut aja akan apa isi buku itu. Gua males bertanya-tanya lagi. Pasrah aja kalo buku yang ditulis itu adalah kebenaran.

Buku yang baru-baru ini gua baca adalah:

Kasih yang Patut Diberikan
Max Lucado

Buku ini bercerita sepenuhnya tentang kasih. Kasih yang tidak sombong, tidak pencemburu, kasih yang murah hati, kasih yang sabar, kasih yang menutupi segala sesuatu, dan sebagainya.

Melalui buku ini gua juga jadi menyadari suatu hal. Gua ini ternyata mudah sekali mengasihi orang. Tadinya gua bingung, perasaan teman-teman kantor gua biasa-biasa aja. Mungkin karena hubungan sebatas pekerjaan kali ya. Jadi gua menganggap kalau kondisi ini adalah kondisi yang normal dalam hubungan sesama manusia. Biasa-biasa aja. Tapi ternyata gua salah. Kalau selama ini gua memendam rasa kasih itu gua sangat salah besar. Karena kasih itu bukan berasal dari gua. Tapi dari Tuhan. DIA udah terlebih dahulu mengasihi gua, sabar terhadap gua, mengampuni gua, dsb. Karena itu lah gua secara otomatis mengasihi kepada orang lain, sabar terhadap orang lain, dsb. Itu bukan karena gua. Kasih itu mengalir keluar begitu saja kepada sesama. Bukan karena gua, melainkan karena gua udah dikasihi terlebih dahulu. Kasih itu terpancar keluar karena gua udah dikasihi terlebih dahulu. Seperti gelas yang telah terisi penuh dengan air dan tumpah, demikianlah diri gua udah penuh dengan kasih dan otomatis gua menumpahkan ke seantero lingkungan gua. Dimanapun gua berada.

Itu sekilas tentang kasih. Dan karenanya gua bertekad kalo tahun 2008 ini adalah tahun penerapan kasih. Kasih yang gak sok tahu, melainkan mau menghargai orang. Kasih yang bukan karena pengetahuan, melainkan apa yang ada di hati orang lain.

Mantaplah!

Maju terus 'hat, pantang mundur.

2 comments:

Anonymous said...

Harapan yang indah! Semoga 2008 benar2 menjadi tahun penerapan kasih.... buat kita semua :)

mengulangi ucapanmu:
Maju terus 'Hat. Pantang mundur :))

Selamat Tahun Baru.

Unknown said...

amin!