Monday, November 05, 2007

Helm sekaligus monitor HP

Akhirnya gua menemukan usaha yang tepat untuk gua... tapi bisa nggak yah dengan modal 2 juta?

Kemaren gua berkendara motor. Gua emang sedang mengejar waktu juga untuk ke suatu tempat. Nampaknya temen gua yang udah sampai duluan di tempat itu gak sabaran orangnya. Alhasil gua ditelponin terus dan di-sms-in.

Sebenernya gua gak pengen angkat ataupun liat tuh sms, tapi yah hati kecil gua mengatakan: ada kemungkinan yang nge-sms itu bukan temen gua yang udah sampe duluan itu. Bisa jadi hal yang lain yang urgent. Suddenly gua menghela nafas seraya bermimpi: "andai aja gua bisa baca sms di helm gua..."

Seketika itu pula ide kreatif gua meluncur. Gua langsung jawab dalam hati: kenapa nggak?
Nampaknya teknologi ini semua udah ada sih, cuman perlu digabung-gabungin aja.

1. Untuk transmisi data dari HP ke helm bisa dipake teknologi bluetooth. Macam, earphone bluetooth jaman sekarang.

2. Untuk monitornya di helm bisa dipake monitor plasma, tapi yang transparan. Ada switch on off-nya kalo mau diaktifkan.


3. Powernya bisa baterai yang rechargable. Keren juga yah, helm sekarang juga bisa di-charge. Tempat baterai sebaiknya ditengkuk sedikit diatas leher, sebelah dalam helm, supaya kagak kena hujan.

4. Monitornya juga mesti dilapisin plastik timika kali ya di kedua sisi biar kagak cepet retak.

5. Dilengkapi aja sekalian ama speaker di kanan-kiri helm.

Tapi setelah gua pikir-pikir lagi, ini adalah teknologi yang mahal dan tidak efektif (walopun gaya), dan pasarnya terlalu kecil.

1. Kebutuhan teknologi ini tidak lah terlalu penting. Dari pada beli helm mahal-mahal mendingan berhenti bentar kalo cuma mo liat sms or nerima telp.

2. Risiko tinggi, bisa kena hujan dan terik matahari. Bisa cepet rusak, pecah dan retak juga.

3. Biasanya pengendara motor adalah orang-orang kelas ekonomi menengah ke bawah, mana mungkin beli gadget gak jelas gitu.

4. Yang paling mungkin adalah pengendara motor gede nan mahal sama pengendara racing. Kalo motor gede kayak harley davidson pada males-males pake helm orangnya. Dan kalopun pake helm pasti mereka milih helm yang keliatan mukanya. Gak gaya dong, udah keren-keren tapi mukanya ditutupin. Kalo racer keren malah. Si pemantau bisa ngirim informasi-informasi yang penting buat pembalapnya. Cuma ya gitu. Balapan bukan lagi masalah overclocking mesin aja, tapi juga masalah ICT yang efektif atau ngga. Dan kalo buat itu doang pasarnya masih terlalu kecil.

Hahhaahaha...

mimpi aja gua... di siang bolong lagi


No comments: