Tuesday, March 04, 2008

Sabar

Kalau sabar itu biner, kalau sabar itu semudah nyalain lampu dengan saklar on/off, pasti akan lebih mudah menjalaninya. Misalnya nih ya, ada saklar sabar/non sabar di jidat kita, dan setiap kali kita ketemu kondisi yang ngeselin atau buat marah kita tinggal pencet aja tuh saklar dan tiba-tiba kita jadi orang sabar, mungkin akan lebih enak itu ceritanya. Pastinya akan lebih mudah ngejalaninya kalau begitu mah.

Tapi sayangnya sabar nggak begitu. Sabar itu nampaknya merupakan perjalanan panjang seseorang, yang perlahan-lahan berubah dari orang yang kurang sabar menjadi sabar. Gua gak tau juga sih sebenernya ada gak sih skala kesabaran itu. Yang pasti kalau gua mengasihi seseorang biasanya gua jauh lebih sabar menghadapi orang itu dari pada orang yang dari awal ketemu juga gua udah ill-feel.

Sebenernya susah gak sih jadi orang sabar?

Sampai malam kemarin sih rasanya susah buat gua. Tapi secara gua mendapat wahyu pribadi malam itu, gua jadi mengerti sekarang gimana caranya membuat diri lebih sabar.

Mau tahu caranya?

Caranya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan membiasakan diri menderita. Inilah kesalahan manusia pada umumnya. Kita selalu ingin mudah, selalu ingin enak dan selalu ingin untung, tidak mau dirugikan. Pada dasarnya kehidupan pasti tidak selalu enak dan untung. Suatu saat pasti ada masa-masa yang tidak enak.

Inilah kuncinya: kita harus bisa menikmati suasana ataupun kondisi tidak enak itu. Kita harus membiasakan diri tidak enak. Maka kita akan mampu bersabar.

Manusia zaman sekarang tuh yah... (termasuk gua) maunya yang instan aja. Maunya enak aja. Kalo bisa enak, kenapa mesti susah? Kira-kira begitu kali prinsip hidup kita yang baik-baik disimpan dalam benak kita. Dan nurut gua itu kurang benar. Kita harus mampu menghadapi semua jenis keadaan.

Kalau keadaan enak: Bersyukur
Kalau keadaan kurang enak: Bersukacita

Prinsip ini emang gak mudah cuy! Tapi ini memang satu-satunya cara supaya kita lebih bersabar. Apapun kondisinya mesti menikmati, maka kita akan mampu bersabar.

Jadi sabar ya...

4 comments:

Pojok Hablay said...

sabar dan pasrah adalah dua hal yang berbeda. aku pikir, sabar itu sebaiknya personal untuk menjaga ketenangan pikiran dan hati supaya bisa berpikir jernih. tapi kalau sabar menderita mah jangan deh. apalagi kalau melihat banyak hal yang salah terjadi di sekitar kita, kita boleh sabar sabar saja berharap semua akan membaik begitu saja, bukan?

naon sih? :))

Unknown said...

To Melly:

Nice!

Tapi sejujurnya gua agak blur ama kalimat di atas. Apa kurang kata "tidak" yah... sehingga bentuk kalimat negatifnya gak muncul?

However, thanks

Credo said...

Kurasa juga perlu kata 'tidak' di comment K'Mel.. (ini kok malah ngomentarin komentar ya :D) Tp menarik sudut pandangnya..

eh tapi kurasa maksud si Chaat lebih ke sabar menahan/mengontrol emosi.. Jadi klo menderita/disakiti, dia ga lgs mengamuk :p Tapi mengubah keadaan itu dgn hati damai (aiyaah)

Hehe, klo aku mungkin penanganannya dgn lgs mikir apa efeknya klo aku marah2.. jadinya kan diem tuh (ga mgkn kan marah sambil mikir). Stlh mikir biasanya niat marahnya agak reda dan bisa ngomong lebih terkontrol :p Tapi klo perlu marah, tetap marah kok, khekheke

Unknown said...

Bukan cuy... tapi maksud gua adalah dengan membiasakan diri untuk menderita, jangan enak-enak mulu.

Atau mungkin tepatnya, biasakan untuk mempersiapkan diri kalau-kalau hal yang gak enak muncul. Kan kalau dengan persiapan hati yang cukup, tidak kaget, sekalipun hal buruk muncul, pasti ngejalaninnya bisa lebih kuat.

Gitu lho maksud gua.