Wednesday, April 18, 2007

CPP + Managed Object = dizzy

Belakangan ini hari-hari gua lagi dipenuhi ama CPP ama Managed Object. Dua jargon yang ampe 2 minggu lalu gak pernah gua denger. Tiba-tiba

JREEEJEEENG... (Gitar ala Mexico)

Muncullah dua kata ajaib ini yang makin hari bukannya gua makin ngerti malah bikin gua tambah bingung..ngung..ngung..ngung..

CPP itu kepanjangannya Connectivity Packet Platform-dulunya Cello Packet Platform, semacam platform keluaran Ericsson yang mendasari banyak produk-produk WCDMA-nya Ericsson. CPP itu sendiri menggunakan sistem multiprosesor yang terdiri dari Master Processor (MP), Board Processor (BP), ama Special Processor (SP) yang fungsinya berturut-turut sebagai prosesor utama, prosesor "biasa" dan prosesor khusus. Contoh eksekusi dari CPP itu adalah RBS (Radio Base Station; Node-B nya Ericsson), RNC (Radio Network Controller) dan MGW (Multimedia Gateway). Temennya CPP namanya AXE banyak diimplementasikan di Ericsson pada teknologi 2G.

Kalo Managed Object itu semacam... gak tau deh gua itu semacam apa. Yang gua tau itu semacam model yang dipake buat manajemen nodes-nya Ericsson. Gua sih ngeliatnya malah mirip flowchart gitu yang selanjutnya diterjemahkan jadi MO script. Kalo dulu waktu kuliah sih ada flowchart abis itu ada bahasa pemrograman (C++).

piuuh... buat gua dua kata ini sekarang-sekarang emang asing banget. Tapi by the time of a few months later, yang beginian rasanya bakal ngelotok deh di otak gua. Bahkan, yang beginian inilah hidup gua. Hehe, gak sabar untuk mengerti lebih dalam lagi.

Haha, tumben banget gua nulis tentang pengetahuan, welcome to the club 'hat,
kemane aje lu.. hahaha...

4 comments:

Anonymous said...

Sahat, sekarang u di Ericsson ya? wah hebat... :D
Share tentang teknologi nih ceritanya ..ha..ha..bagus lah (meskipun gua gak gitu ngerti bacanya..he.he.he..)

Unknown said...

sama ted', gua juga ga ngerti
hahahahaha...

Anonymous said...

MGw tuh bukannya Memang GWpikirin yah.. KOk jadi multimedia Gateway seh hehehehehe

Anonymous said...

Share trus....ntar gw cri pembaca nya....
hehehehe.....


Salam kenal....
Gepy
Pekanbaru