Friday, April 27, 2007

Bus kota pagi ini (pengamen)

Seperti biasa perjalanan gua ke kantor harus naik Metromini 72 dari Blok-M ke depan kantor. Nurut hemat gua, metromini ini adalah angkutan umum paling gak tertib se kota Jakarta. Dan di sini banyak banget pengamen berlalu lalang. Dalam satu trip Blok-M - Pondok Indah aja ada minimal 3 pengamen yang ngamen di metromini itu.

Dari sekian banyak pengamen yang berlalu lalang, ada dua pengamen yang bener-bener menyentuh hati gua, yaitu:
- Ibu hamil 6 bulan (gua kira-kira abis udah gede perutnya.) Abis nyanyi sepotong lagu, dia dengan susahnya bergerak untuk mengumpulkan uang dari para penumpang. Seperti biasa, gua gak ngasih.
- Anak kecil 4 tahun. Masih lucu-lucunya. Nadanya aja masih salah-salah. Nafas aja juga belom bener. Biasanya kalo ada anak kecil ngamen berdua ama kakaknya. Tapi kali ini nggak, dia sendiri. Abis ngebagiin amplop, terus dia nyanyi gak jelas gitu. Abis itu tergopoh-gopoh karena belom seimbang dia ngumpulin amplop itu. Dan seperti biasa gua gak ngasih.

Buat yang belum tahu, pengamen di Jakarta ini punya sindikat. Organisasi mereka tergolong rapih. Ada manajernya, ada pembagian wilayah, ada markasnya (biasa dibilang pool ama mereka), ada tools-nya untuk ngamen (kayak gitar ama kendang) dan ada cash flow-nya. Biasanya tiap pagi para pengamen dan peminta-minta di drop di satu titik, dan malam hari mereka diambil dari titik itu ke pool.

Gua gak nyangka aja ada orang yang dengan kejinya menyuruh anak kecil 4 tahun dan seorang ibu muda hamil tua disuruh ngamen. Gua gak ngasih karena gua tahu, kalo gua ngasih nanti sindikat mereka makin besar, dan yang beginian itu jadi biasa. Tapi ya dilema juga. Kalo gak dapet uang biasanya mereka dipukuli denger-denger.
Yah ini lah Jakarta, kejamnya gak ketolongan.

2 comments:

KITA! said...

Gak hanya di Jkt hat... Gw pernah ngeliat jam 11 malem di Pasar Simpang, anak-anak kecil yang ngamen dan ngemis di sekitar Pasar Simpang itu lagi pada ditagihin sama "induk semang"-nya.

Kalau saja mereka gak kumal, pasti mereka anak-anak yang menggemaskan seperti ponakan-ponakan gw. Masih kecil-kecil banget.

Trus...What can we do?

Unknown said...

Gak tau.

Kalo gua sih paling waktu doa makan doain mereka juga, biar mereka dikasih makan ama Tuhan.

Dan, gua ga mau ngasih uang ke mereka. Kalo kebetulan gua lagi bawa makanan, gua kasih aja tuh makanan. Kalo makanan langsung bisa dimakan ama mereka. Kalo uang pasti diambil ama "induk semang"-nya.

Cieee... mulia banget yak'. Huahahaha...