Wednesday, February 09, 2011

Vertigo: Penyakit Orang Sombong

Bukannya tidak mungkin!

Penyakit ini memaksa seseorang untuk hanya melihat ke satu arah. Ke depan, dagu terangkat sedikit, dan hanya melirik ke sana ke mari untuk membantu penglihatan. Bahkan untuk menunduk saja terasa pusing, apa lagi menoleh ke kiri, ke kanan, ke depan atau ke belakang. Maak... akan terasa sangat pusing 7 keliling.

Penyebab:

Rusaknya alat keseimbangan di sistem telinga dalam tubuh.

Alat keseimbangan berada di kepala bagian telinga dan memiliki pembuluh-pembuluh yang mengirimkan sinyal-sinyal koordinat kepala ke otak. Sehingga otak bisa mengetahui posisi dari kepala. Apakah miring, ke kanan, ke kiri, menoleh, menunduk, dsb.

Pada Vertigo, kasusnya adalah, alat keseimbangan itu rusak. Sehingga koordinat yang dikirimkan ke otak tidak jelas. Akhirnya otak susah untuk menentukan koordinat, sehingga yang terjadi kemudian adalah kepala berputar-putar sampai otak akhirnya mendapat sinyal yang benar dari alat keseimbangan tersebut.

Yang sebenarnya terjadi adalah, terdapat cairan di dalam alat keseimbangan. Cairan tersebut yang menentukan koordinat dalam alat keseimbangan dan kemudian di kirim melalui pembuluh-pembuluh ke otak. Masalahnya adalah, ketika alat keseimbangan rusak, terjadi seperti "jeram" atau "riak" (seperti pada sungai) dalam alat keseimbangan. Itulah yang membuat koordinat sukar ditentukan oleh otak.

Pertolongan pertama:

- Ketika tiba-tiba anda tertidur dan menoleh ke sebelah kiri/kanan, atau menghadap kiri/kanan, atau miring ke kiri/kanan dan tiba-tiba seluruh dunia berputar seperti gempa yang tidak berkesudahan, dan lama kelamaan menjadi seperti sedang menaikki Roller Coaster:

Jangan Panik!!!

Luruskan kepala anda memandang ke depan. Ambil nafas yang dalam, kemudian hembuskan. Rilekskan diri anda sebentar, sehingga pusing dan roller coaster-nya hilang. Kemudian bangunlah dan segera ke Rumah Sakit. Di perjalanan gerakkan kepala anda sedikit saja ke sana-ke mari. Jangan berlebihan. Bisa membuat tambah pusing.

Segeralah temui Neurolog yang akan memeriksa jenis Vertigo anda.

Vertigo Sebagian, Vertigo karena virus, Vertigo karena kerusakan syaraf, Vertigo karena organ lain yang sedang sakit, dll. Pastikan anda mendapat treatment yang benar.

- Jikalau anda terlampau lelah, biasanya Vertigo akan menyerang lagi.

Jangan kuatir!

Tentunya anda sudah terbiasa. Dan anggap saja, anda sedang menaiki

roller coaster gratis!

No comments: