Monday, February 28, 2011

Seni Menyantap Makanan

Beginilah kalau nunggu pesawat delay dan tidak ada kerjaan, blog menjadi sasaran.

Saya berpikir:

Selama ini nampaknya orang tua kita salah mendidik dalam hal memakan makanan. Pada dasarnya mereka akan berkata:

Semua lauk, sayur dan sebagainya adalah pelengkapnya Nasi, atau "teman"-nya nasi.

Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Baru-baru ini aku menemukan teknik baru dalam menyantap makanan yang lebih berseni dan membuat kita lebih enjoy dalam menikmati makanan ataupun memilih makanan.

Teknik tersebut adalah:

Nikmati masing-masing makanan sebagai entitas yang berbeda.

Jangan pikirkan bahwa jenis makanan yang satu lebih penting dari jenis yang lain. Contohnya: Nasi lebih penting dari pada sayur. Atau Nasi lebih penting dari pada lauk. Hal tersebut membuat kita kurang enjoy dalam menikmati sayur kita ataupun lauk kita. Taruhlah makanan terpisah-pisah di atas piring kita. Kemudian nikmati satu-satu secara bergantian. Kenapa bergantian? Agar rasanya lebih beragam. Ketika puas menikmati jenis makanan satu, pindahlah ke jenis makanan lain. Begitu terus sampai seluruh makanan anda habis.

Hal ini akan membuat kita mengunyah lebih lama dan lebih menikmati setiap makanan di atas piring kita. Memang, waktu yang dibutuhkan akan lebih lama. Namun apa salahnya yah memberikan waktu sedikit untuk menyantap makanan kita? Toh, setiap hari kita makan. 2-3 kali sehari. Tentunya kita ingin setiap waktu makan kita berseni bukan?



No comments: