Monday, February 07, 2011

Kesurupuan

Kesurupan atau possesed

Adalah kondisi di mana roh seseorang digantikan oleh roh jahat. Roh jahat ini bisa dimasukkan dalam kelompok iblis yang berasal dari Lucifer dan kawanan-kawanannya.

Kondisi ini sering kita jumpai di tempat-tempat terpencil yang dipercaya sebagai daerah teritori dari si roh jahat. Secara logis, sugesti manusia melalui berita dari mulut ke mulut membuat eksistensi dari si Roh jahat makin kuat.

Berbicara mengenai Roh jahat, hantu, penunggu dan lain-lain masih kontroversi. Sama seperti berbicara mengenai alam lain. Aku sendiri mempercayai bahwa yang namanya roh jahat, hantu, penunggu, setan dan lain sebagainya adalah masuk dalam kawanan iblis dengan modus operandi yang berbeda.

Maksud mereka sebenarnya hanya satu:

"membuat manusia jauh dari Tuhannya".

Dahulu modus operandi roh jahat ini berupa penyembahan terhadap roh nenek moyang, roh di pepohonan, dll. Namun nampaknya modus operandi seperti itu hampir-hampir tidak berlaku dikarenakan pemberitaan tentang Pencipta makin wide. Maka kawanan iblis memakai modus operandi lain seperti drugs, seks bebas, dll. Semua membawa seseorang

menjadi Tuhan atas dirinya sendiri, dan menepis kekuasaan Tuhan atas manusia.

Aku sendiri pernah mengalami "hampir" kesurupan. Ceritanya waktu itu saya dan teman-teman pergi sebagai EL '01 dalam acara akhir. Kami pergi ke suatu desa untuk membangun listrik di sana. Dalam perjalanan kami menggunakan tronton. Dan ketika sedang dalam perjalanan dengan setengah mengantuk kejadian itu terjadi.

Aku seperti digeser dari diriku sendiri.
Aku seperti digantikan dari diriku sendiri.

Seperti ada roh lain yang ingin menggantikan diriku.

Lalu kemudian aku tersadar. Dan melawan. Peperangan itu berlangsung sangat cepat. Perlawananku cukup kuat. Aku tidak tahu berapa lama hal ini terjadi. Yang aku tahu aku dalam kondisi setengah tidur.

Hmmh... untung saja aku berhasil melawan.

Lalu bagaimana melawan roh jahat ini:
1. Dekatlah dengan Tuhan senantiasa. (Nampaknya ini yang menyelamatkanku saat itu)
2. Seorang Pendeta pernah bercerita mengenai kesaksian dia mengusir Roh Jahat dengan Doa. Saat itu sebagai Kristen ia menaikkan Doa yang diajarkan Yesus sendiri kepada manusia, yaitu Doa Bapa Kami. Doa-nya sederhana. Hampir-hampir tidak menyebutkan secara spesifik mengenai pengusiran roh jahat. Tapi aku yakin Doa Bapa Kami mencakup semua aspek. Termasuk mengusir Roh Jahat.

Kemudian aku terbangun dari setengah tidurku. Aku tersenyum, dan kemudian tidur lagi. Kali ini lebih pulas.


2 comments:

anto said...

Pemahaman tentang roh halus atau maklhuk ghaib berbeda2. Saya setuju kalau mereka ada dan "berinteraksi" dengan manusia dalam modus operandi yang berbeda.
Keberadaan mereka seharusnya makin mendekatkan kita kepada Tuhan kita, kita akan makin percaya kalau Tuhan itu memang maha pencipta.
BTW, di kota2 besar di negara majupun fenomena ini ada lho...

Unknown said...

Iya 'to, biasanya berhubungan erat dengan kepercayaan orang tersebut. Bisa jadi koq pemikiran seperti itu, masuk akal juga.

Ada to', tapi jarang.