Wednesday, July 04, 2007

Bo's Farewell Party

Perfecto Grande...
(Untuk kalangan tertentu)


Kali ini acaranya bertempat di Café Atmosfer Bandung. Gak tau gua ngerasa aja kalo tempat itu adalah tempat yang paling cocok untuk perpisahan kali ini. Gua ngebayangin banget di sana kami akan bermain-main di Saung yang ditengah danau kecil sambil duduk-duduk menikmati malam. Puji Tuhan tempat itu tersedia. Kelompok orang yang memakainya baru saja pulang begitu kami datang. Haih… seneng banget deh. Seperti biasa, tempat sudah disediakan oleh Tuhan. Enaknya punya Tuhan…

Acara dimulai dengan memesan makanan dan of course makan-makan. Katanya Nita dan Bo udah laper banget. Lagi hari juga udah terlalu malam untuk makan malam. Kalau ditunda lagi pasti pada terlambat makan malamnya. Setelah makanan datang, tentu saja kami akan bertukar makanan. Kali ini mangkok dan piring tetap ditempat, kami yang bergeser-geser sana-sini untuk bertukar makanan. Emang tempatnya mendukung banget juga sih. Saung itu seperti dunia yang hanya milik kami untuk sesaat. Kami rajanya, kami rakyatnya, kami yang mengatur.
Abis makan the party is begun. Dimulai dari mandok hata satu-satu orang buat Bo. Mulai dari Nita yang lucu banget gaya ngomongnya, intinya dia bilang terima kasih buat Bo. Abis itu gua, dan beneran, gua speechless, gak tau mau ngomong apa. Kalo mau tau pendapat gua baca aja kali ya Blog gua, udah gua tuangkan semua. Males banget ngulang lagi. Tapi gua disuruh nyanyi Tanah Air buat Bo. Dalam hati gua aneh banget tanah air. Yang agak rohani dikit gitu kek biar memberkati. Tapi ternyata lagu itu juga menyentuh Bo banget (dia ampe nangis lho… sensitif banget deh). Lanjut ke Buret yang baca puisi tentang La'mitie romantis banget. Lanjut ke Virgonia yang mengisahkan kekesalan hatinya atas pacar sahabatnya dilanjutkan dengan kebanggaan hatinya atas pacar sahabatnya.

Kami mau ngasih kado buat Bo, tapi, dia harus menjawab pertanyaan kami dengan benar. Kalo salah ada hadiahnya juga, tapi hadiah yang ini, hehehe, harus diterima apa adanya. Hahahahaha…

Pertanyaan pertama
Vanny : “berapakah jari di belakang punggung saya saat ini?”
Bo : “empat”
Vanny : “salah” (kayaknya apapun jawabannya bakal tetep salah deh)
Langsung kami memberikan hadiah kepada si Bo berupa:















Pertanyaan kedua
Vanny : ???
Bo : “bla.. bla.. bla…”
Vanny : “Salah…” (Hahahaha… salah terusss)
Hadiah kedua:














Sumpah gua ngakak setengah mati ngeliatin ini… Hahahahahha…. Kocak banget… Bravo Vanny yang nyiapin ini semua… Huahahahaha…

Pertanyaan ketiga:
Vanny : ???
Bo : !!!
Vanny : “Salah… hhahahahahaha” (Penuh kepuasan gitu)
Hadiah ke tiga:















Huahahahahahha… kocak banget. Kayaknya dari pada Panda si Bo lebih mirip Zorro deh… Huahahahaha…

Pertanyaan keempat
Buret : ???
Bo : !!!
Buret : “Benar”
Others: : “Koq benar?? Gimana sich…”
Hadiah ke empat:








Hmmm… hadiah ini benar-benar menguras dompet kami. Mahal banget. Isinya Digital Voice Recorder yang didoakan bisa membantu Bo dalam perkuliahannya. Kan beberapa mata kuliahnya menggunakan bahasa Jerman, jadi bisa dia rekam untuk belajar lagi di rumah.

Pertanyaan kelima
“salah”…
Hadiah kelima:
…maaf gak ada gambarnya… (abis idung-idungannya gak muat di hidung Bo. Hahahahha… kocak banget). Tapi gambar yang dia makan daun ada koq. Nih:


Gua ngakak… ngakak… se ngakak… ngakak… nya. Kayaknya semenjak kerja di Ericsson gua gak pernah deh ketawa sepuas itu.

Mandok hata lanjut:
Lanjut ke Vanny yang biasa ‘abstrak’ banget dan dia senang banget bisa ketemu Bo dan semuanya. Lanjut ke Dini yang sedih karena mesti pisah lagi. Dan dia menganggap ini adalah-lagi-lagi-ujian buat hubungan dia ama Bo. Dan ditutup sama Pindy yang mengeluarkan semua isi hatinya dengan mengatakan Bo adalah My Hero.

Aiiihhh… luar biasalah emang Bo itu.

Ada satu hadiah lagi yang mau kami kasih ke Bo:
52 bintang. Bintang ini bukan bintang biasa. Tapi berisi tulisan-tulisan kami tentang Bo. Tentang momen-momen paling berkesan, kekonyolan si Bo dan harapan-harapan kami buat Bo. Jumlahnya 52 karena satu tahun ada 52 minggu dan kami berharap tiap minggu Bo membuka satu bintang tersebut untuk membuat dia tersenyum di awal minggu. Awal-awal gua yakin dia rajin. Tapi kesananya gua yakin dia bakal sibuk banget dan mungkin lupa membukanya.


Terakhir Bo angkat bicara. Gua merekamnya…
Terima kasih buat eh temen-temen semua. Saudari-saudari ku.
Ya… apa ya…
Terima kasih buat… eh *&#$
Buat pertemanan
Buat segala hal yang bisa kita lalui gitu…
Kalo aku mengingat-ingat semuanya itu
Gak tau kayak
Kayak
Akankah aku bisa menemukan hal seperti ini lagi
Dan… kalau me&%$#$#^@ (isak tangis)
Malam-malam aku berdoa…
Aku s#%7^*&*# (isak tangis)
Aku membayangkan (*&*#% (isak tangis) dingin
Tapi aku melihat
Aku percaya
Memakai apa yang boleh kita lalui bersama-sama
Dan akan terus membuat kita maju gitu ya…
Sepertinya mungkin selama ini mungkin jadinya…

Terus gua mematikan recorder gua. Hal yang begini gak boleh direkam di alat dijital. Hal yang begini itu harus direkam di hati. Bo ngelanjutin omongannya… tapi gua gak bisa mendengarnya. Gua hanya bisa ketawa-ketawa puas aja dalam hati ngeliat Bo nangis. Sayang masih di dalam kostum. Gua belom pernah seumur hidup ngeliat Bo nangis soalnya. Hihihihihi… (Tapi koq gua jadi merinding yah kalo dengerin rekaman itu lagi)

Omongan Bo mulai beralih ke nada yang riang. Kami mulai tertawa-tawa lagi dan pembicaraaan pun makin segar. Hmmh… the sad part udah lewat. Kami pun bersiap-siap pulang. Tapi pada ke kamar mandi dulu.

Gua tadinya mau nutup dengan doa. Mau doain Bo. Tapi koq gua lupa ya. Akhirnya kami pulang aja. Koq bisa lupa ya… emang bukan waktunya kali.

Kami pun pulang. Mau istirahat besok ke gereja. Ngantar Dini, Nia dan Pindy dulu ke Sulanjana abis itu melaju ke Ujung Dunia belok Kanan.

Waktu nutup pintu Bo sempat berterima kasih ke gua. I knew he meant it. Tapi posisinya gak tepat aja. Gua udah jauh meninggalkan dia. I just could reply: “thanks to you bro’”, and went straight to sleep.

Paginya kami gereja bareng dan perasaan sedih menghantui gua. Gua gak bisa sepenuhnya berkonsentrasi. Gua membayangkan gua mesti berpisah siang itu ama Bo, orang yang deket banget ama gua selama ini. Dan juga bareng anak-anak. Aduh… gak deh gak mau. Sedih juga ya berpisah dengan orang yang disayang. Yang ada selama kebaktian gua kadang konsen kadang nggak gitu. Weirdo!

Abis itu kami sempetin makan siang bareng di Dapur Cobek dan maen How Close You Are cuman grup. Dan grup gua menang dong. Hihihihi…

Mulai deh farewell satu-satu. Mulai dari Dini dan Nia yang naek D-Trans berlokasi tepat di depan Dapur Cobek. Lucunya mesti banget mobil mereka muter dua kali, weirdo. Dah…
Dilanjutkan dengan perpisahan Buret dan Nita yang di-drop di stasiun. Daah…
Abis itu giliran gua ama Pindy yang bakal di-drop di terminal bus Leuwi Panjang. No Daah… (Why??????????). Soalnya gua dengan nakalnya memutuskan untuk gak mau pulang. Terlalu sedih. Gua juga ngerasa itu adalah bukan waktu yang tepat untuk berpisah. Indera ke-11 gua merasakannya. Hahahahha… kocak banget.

Langsung deh si Bo membanting setirnya kembali ke arah Dago, ujung dunia belok kanan, rumah dia. Sementara gua masih merasa sebagai orang yang paling nakal sedunia. Kan ada lagunya juga oleh Megi Z:
Aku merasa orang ter-nakal di dunia…
Enggan tuk pulang…
Padahal besok bekerja…
Hahahaha… koq gua jadi dangdut banget sih belakangan ini.

Langsung deh kami tidur siang waktu itu. Mengumpulkan energi buat jalan malem-malem. Gua masih ngerasa orang ternakal. Gua tidur ama Bo di lantai 2, sementara Pindy tidur ama Vanny di lantai yang sama. Yang ada bukannya tidur malah ketawa-ketiwi. Gua ngobrol2 ama Bo yang selalu takut ama orang lain (I still wondering, what would he afraid of me?, gua doang gitu lho…), sementara di kamar seberang Pindy dan Vanny ketawa-ketiwi walopun agak sedikit ditahan.

Gua bisa tidur sebentar. Dua detik doang. Terbangun gara-gara ada yang menggunakan kamar mandi. Bo sih bisa tidur dengan pulasnya. Nampaknya cewe-cewe juga udah tidur. Pikiran gua melayang-layang me-review akan semua yang udah kami lalui bersama. Gua sayang banget ama mereka.

Bo bangun setengah jam kemudian. Gua yang bangunin. Tapi nampaknya dia udah bangun dari tadi. Terus dia mandi soalnya mau ngejar janji ama Bang David-abang PA-nya-dan Erwin-saudara PA-nya. Kebetulan waktu itu gua laper banget. Jadi sekalian gua juga turun mau makan. Yummmieee… mendoan buatan mbak Is' enak banget (gua berasa lagi nulis novel. Gua kenal dengan seseorang dan sering banget ke rumah itu, terus sering memakan makanan buatan maid-nya temen gua itu. Weirdo!)

Yang buat gua seneng si Bo sangat riang banget sore itu. Gua tahu, dia tuh riang gara-gara Gua ama Pindy memilih pulang lebih lama. Gua yakin banget akan hal itu. Gua bisa merasakan ‘aura’-nya. Hahahha… keyakinan sepihak itu membuat gua puas akan keputusan gua. Gua gak lagi merasa nakal banget. Toh gua udah ngasih tau nyokap gua di rumah. Hehehhe…

Sementara Bo memenuhi janjinya gua lanjut tidur. Pindy dan Vanny ya emang gak bangun-bangun. Pulas banget tidurnya ampe 4 jam berikutnya. Gara-gara di-miskol Pindy makanya gua bangun. Gua gak sepenuhnya tidur sih. Pikiran gua masih bermelan ria membayangkan segala yang sudah kami lakukan. Hmmhh… letih banget gua padahal udah. Letih hati dan fisik. Capek banget…

Farewell Party Part 2
Begitu Bo pulang, kami memang udah siap mau berangkat. Rencananya mau jalan kaki ke gerbang, tapi si Bo katanya mau “kencing” (pemilihan bahasanya… dari dulu tuh sampe sekarang). Ya udah kami abis itu kami jalan. Tadinya mau ke atas, mau liat city view, tapi gak tau kenapa tiba-tiba kami udah dibawah lagi. Waktu itu gua emang sibuk ditelpon ama AW. Jadinya kami ke Madtari. Makan roti dan Indomie goreng. Kami kayak anak bayi lho berempat, semuanya minum susu sebelum tidur. Huahahahahaha… aneh. Seperti biasa kami ngbrol, bertengkar, ngalor-ngidul gak jelas. Tapi ya puas. Si Bo sempat sedih banget malem itu. Gua bisa merasakan auranya. Tapi dia nggak ngasih tau kenapa. Kami sempat toast juga malam itu. For the good life. Gosh, I’m so in love with them. Bener juga kata Bo. Ini farewell party yang keren banget. Gak direncanakan dan kami banget. Yang selalu begitu. Keren!


Gua butuh tidur banget. Gua capek mental dan fisik. Tapi tetep malam itu gua gak bisa tidur. Pikiran gua tetap melayang-layang. Pusing gua. Entah kenapa gua jadi melan banget gini…
Pagi itu gua bangun in a rush dibangunin Pindy. Walaupun sebenernya gua emang gak tertidur. Mandi, gosok gigi, terus bangunin Bo minta dianterin. Sampai titik itu pun gua masih bingung mau naek Travel atau Bus. Langsung deh telpon sana-telpon sini. Namun akhirnya gua memutuskan naek bus aja apapun risikonya. Soalnya gua mau se arah ama Pindy. Mau mendapatkan perpisahan yang sempurna pagi itu. Jam 4 pagi di terminal bus Leuwi Panjang. Ada satu yang gua kejar pada setiap Farewell Party, yakni Farewell Hugs. Dan pagi itu gua pengen mendapatkannya sempurna. Alangkah baiknya Tuhan. Keinginan yang satu itu pun terpenuhi. Sampai saat ini, gua masih bisa merasakan hangatnya pelukan masing-masing dari mereka. It’s so warm. Quietly warm. God, thank you for them.

Seminggu itu sebenernya gua udah stress kalau-kalau gua gak bisa ikut. Secara kerjaan gua meminta gua standby all the time. Bahkan sampai 2 jam sebelum keberangkatan gua masih gak jelas bisa ikut apa nggak. Waktu itu gua gak mood banget juga. Udah capek bingung pula. Hiks. Gak taunya Puji Tuhan!! Semuanya beres dan lancar. Bahkan semuanya sesuai dengan apa yang gua bayangkan.
Ada gelak tawa…
Ada canda…
Ada Tangisan…
Ada pelukan…
Kayaknya gua emang sutradara yang hebat deh. Dan DIA adalah sutradara yang sebenarnya.

Di Bus gua beneran gak bisa tidur. Their loves menggerayangi pikiran gua. Padahal gua bakal menghadapi hari yang panjang hari itu. Sangking gak tahannya gua sms aja mereka dengan sms yang super melan. Abis itu, baru gua bisa tidur tenang. Calm, safe and sound.

3 comments:

Anonymous said...

Waktu khotbah hari minggu, yg kuingat adalah… mmm…. Tunggu2, aku berusaha mengingatnya. Ah iya. Temanya adalah “Berani Berkata Tidak (terhadap ketidakbenaran tentu saja). Menurutku, tema itu cocok bgt deh bwt abg. Tapi ditengah2 khotbah pikiran aku kmn2, hehehe…
Mana ternyata minggu itu adalah Perjamuan Kudus, merasa sangat tidak layak ga sih…?

Klo maen How Close U R kmrn tim ku kalah karena aku lg ga konsen sama skali. Kayanya dah autopilot gt d, begitu datang, pesen makanan, makanan datang, makan deh. Namun ttp aku kan yg menyumbang point terbesar, hahaha…

Waktu lu mencetuskan ide gila untuk stay longer, awalnya aku berpikir, “maxud loh! Aku kan masuk j 7 pagi! Ga bawa baju kerja pula! Dan aku harus kasi nih oleh2 batagor bwt org kantor! (berlebihan memang, hahaha)
Tapi lu menyampaikan niat terpendam gw jg, hihihi…
Thx ya…
Klo dah ama kalian jalan bareng, rasanya ga mo pisah. Apalagi klo kalian dah nganter plg k kost. (hahaha… ternyata!)

Ko bisa sih lu Hat. Uda cape bgt gitu ttp ga bisa tidur!! Ck..ck..ck…
Dasar melan abis lu…
Ah, lu pasti mandinya ga pake air anget sih. Air hangat, apalagi pake shower kan menolong u/ meredakan badan yg cape.
Eh, mirip dng request aku ga sih.
Tempat yg bersih, ada air hangatnya, haha

-pindy-

Unknown said...

Ini comment atau nulis blog tambahan sih...
hahahahaha...

Emang kayaknya gua juga punya penyakit susah tidur juga. Mungkin karena kurang olah raga. Tapi ya emang itulah susahnya orang melan. Dipikirin terus ampe gak bisa tidur.

harga laptop said...

pasti asik tu gan, keep posting terus gan