Monday, July 09, 2007

Penggunaan Yang Salah pada Lampu Sen

Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada penggunaan lampu sen oleh pengendara. Diikuti oleh komentar gua biasanya pada saat itu.

Membelok atau bergeser terlebih dahulu baru menyalakan lampu sen
Kejadian ini sering banget gua alami. Ceritanya mobil/motor di depan gua pengen membelok atau menggeser ke kanan/kiri. Tapi tiba-tiba aja tanpa memberi tanda mereka bergeser atau membelok. Begitu udah belok or bergeser, baru nyalain sen. Aneh! Untung gua sigap dan masih sempet ngerem atau nurunin kecepatan. Coba kalo lagi ngebut-ngebut, wah bisa berabe.
Biasanya komen gua dalam hati: “maksud loe?!!”

Tidak menyalakan lampu sen, malahan gak menyalakan lampu sama sekali
Ini nih paling weirdo. Biasanya malem-malem kejadiannya. Dan biasanya penyakit kayak begini paling banyak pada motor. Gak tau entah dari mana datengnya tiba-tiba ada motor aja depan gua. Samar-samar. Gak ada lampu yang nyala, cuma keliatan aja bajunya ama gua. Hampir aja gua seruduk.
Biasanya komen gua dalam hati: “nyalain lampu atuh mas!”

Lupa mematikan lampu sen ketika habis tindakan
Ini nih juga sering terjadi. Abis belok lupa dimatiin. Jadi sering bingung juga sih.
Biasanya komentar gua dalam hati: ”serius nih pak mau belok lagi?? Nubruk dong!!


Menyalakan lampu sen yang satu tapi membelok/bergeser ke arah sebaliknya
Ini aneh banget. Yang begini ini akan membuat trauma buat orang-orang yang pernah kejadian. Orang tersebut akan was-was senantiasa setiap ada lampu sen yang nyala. Dia akan menerka-nerka ke mana sebenarnya kendaraan di depan akan bergerak. Secara, kejadian sebelumnya ngasih lampu sen kiri tapi belok ke kanan.
Biasanya komentar gua dalam hati: “weirdo!”

Penggunaan Yang Benar
Jadi penggunaan yang benar gimana sich?
Penggunaan yang benar kira-kira begini:
- Lampu kendaraan harus selalu dinyalakan. Setelah itu baru boleh memikirkan penggunaan lampu sen
- Lampu sen harus dinyalakan beberapa waktu sebelum membelok ataupun bergeser. Jadi jangan maen geser aja dong! Kasih peringatan dulu gitu.
- Kalo yang gak punya lampu “hati-hati” (itu lho, lampu sen dua-duanya kanan-kiri nyala), waktu berhenti, nyalain dong lampu di sisi mana kita merapat. Kalo di sisi kiri ya nyalain sen kiri. Kalo di sisi kanan, ya nyalain sen kanan. Jangan kebalik!
- Kalo lampu sen mati sehingga membuat kericuhan, sebaiknya gunakan anggota tubuh kali ya untuk membuat isyarat. Pake tangan kan bisa tuh. Tapi hati-hati juga. Nanti tangannya bisa ke libas. Hahaha…
- Nah, kalo masih belum paham juga. Ambil les lagi aja kali ya. Gua juga gak terlalu ngerti berkendara soalnya. Seadanya aja.

Congratulation to B 8537 ES. The driver is the winner of this day. He did very right about using the lamp. In every single details, he was very right.
Cheers…!

5 comments:

Pojok Hablay said...

satu lagi, khususnya di Jakarta, kalau ada mobil nyebelin di sebelah kanan (tau kan, kanan itu untuk mendahului, bukan buat lelet2an), mendingan kasih lampu sen ke kanan.......

dijamin itu mobil langsung tancap gas karena ogah disusul!

jampi2 ini jitu juga dipraktikan di jalan tol

Unknown said...

Iya bener...

Emang supir-supir tuh ya...
Hahaha... kocak juga kalo diperhatikan...

KITA! said...

selain lampu sen, lampu lainnya yang juga suka bikin terkecoh adalah lampu rem.

Kayaknya akhir2 ini banyak orang yang gak sadar pentingnya lampu rem, sehingga membiarkan saja lampu remnya mati.

Oya, lebih parah lagi di Balikpapan, banyak motor yang menganggap bahwa "lampu belakang mati" (yang merah) itu sebagai suatu trend. Jadi ada oknum-oknum yang emang sengaja mematikan lampu belakangnya. Cape deehh...

Anonymous said...

hmm...
lama-lama lu jadi polantas hut :D
btw, B 8673 ES tu boil sapa hut..
sempet2nya lo merhatiin :D
ntar kalo gwe gak ngarti soal lampu sen, gwe les ma lo yah :D

Unknown said...

hahahaha...

gak tau tuh mobil sapa, gua cuma merhatiin aja waktu itu di sepanjang medan merdeka

like usual, bayar kalo mau les ama gue... hehe