Friday, February 29, 2008

29 Februari

Gak tiap tahun lho kita ketemu tanggal 29 Februari. Tanggal 29 Februari ini cuma muncul 4 tahun sekali. Fenomena ini dikarenakan perputaran bumi terhadap matahari sebenernya gak genap 365 hari dalam satu tahun melainkan 365 1/4 hari. Alhasil 1/4 hari itu ditabung, terus di foya-foya kan pada tahun ke-4. Maka muncullah tanggal 29 februari itu. Kalo gak ada tanggal 29 februari, maka lama kelamaan hari akan terus bergeser sehingga musim tidak lagi jatuh di waktu yang sama. Bisa jadi nanti Natal jatohnya bukan di musim dingin lagi. Bisa-bisa natal jatohnya di musim kemarau. Gak asyik banget itu mah...

Anyway, sebenernya tanggal 29 februari itu cocok banget kalo dijadiin hari yang spesial. Contohnya hari Valentine. Seru banget kan kalo kita ngerayain Valentine tiap 4 tahun sekali. Hmm... jadinya tuh lebih spesial, lebih khusuk, dan lebih khusus. Jadi perasaan cinta dan romantis kita itu, bisa dicurahkan paling dahsyat setelah dikumpulkan 4 tahun lamanya. Hmm... romantis.

Gimana juga kalo tanggal 29 februari itu adalah hari kelahiran kita. Memang notabennya kita tuh ulang tahun bukan ulang hari, tapi gimana mau ngerayainnya kalo tanggalnya aja gak ketemu. Gua punya temen tuh yang lahir tanggal 29 februari 1984. Namanya M.Ridwan. Gua kenal dia waktu kuliah dulu. Kebetulan dia satu kelas ama gua di TPB-ITB, dan gua sejurusan juga ama dia di T.Elektro. Nah, waktu tanggal 29 Februari 2004 dia berulang tahun. Dan itu adalah ulang tahunnya yang ke-5. Muda banget kan. Mungkin bukan umurnya yah yang 5, tapi baru 5 kali ketemu tanggal ulang tahunnya. Gimana yah perasaan dia tiap tahun?? Gua sih bakal ngerasa aneh-aneh geli gitu kalo jadi dia. Hikhikhikhikhik. Yah... gak ketemu hari ulang tahun lagi deh taon ini. Gitu kali yah kira-kira respon gua.

Hmm... atau gimana kalo tanggal 29 Februari di jadiin hari jadi Bumi. Bumi kan belom punya hari jadi tuh. Gimana kalo tanggal itu. Jadi kita ngerayaain bersama. Seluruh penghuni bumi. Yah, karena dia ulang tahun maka kita harus baik-baik lah ama dia di hari itu. Mulai dari tidak membuang sampah, limbah, tidak menebang, dll. yang merusak bumi pada hari itu. Mayan kan untuk bahan refleksi kita untuk menghargai planet tempat kita tinggal tercinta ini.

Atau, gimana juga kalau setiap tanggal 29 Februari kita memperingati hari musik sedunia. Jadi setiap tanggal itu kita harus membunyikan musik di seluruh dunia. Kalo ngomong juga mesti pake nada. Misalnya: Paaaak... do..ku..men itu.. su..dah.. di..kirim.. be.. lom... (susah yah kalo bukan audio). Pasti seru.

Atau misalnya lagi (ini yang paling gua suka), tanggal 29 Februari itu dijadikan hari hug atau pelukan sedunia. Jadi siapapun orang yang kita kenal yang kita temui hari itu kita peluk. Dengan erat. Tanda kita mengasihi dia. Atau minimal pelukan itu berkata engkau tidak sendiri di dunia ini. Alamak hangatnya. Hehe.

Bagaimana dengan idemu? Mau dijadiin apa nih hari?


3 comments:

Anonymous said...

29 februari mending jadi hari libur sedunia, soalnya kan tgl itu kan 'hari bonus', jadi yang namanya bonus paling enak buat liburan dan senang2

Anonymous said...

wah untung guwe nggak lahir 29 pebruari....kelamaan merayakannya

--salam kenal--

Unknown said...

to masadi:
pemales lu!

to daeng limpo:
lama kan spesial...
salam kenal juga daeng.