Wednesday, December 19, 2007

Nyokap Sakit

Udah 3 hari ini nyokap dirawat di RSUD Koja, Jakarta Utara. Penyakitnya Thypus dan Lever. Hal ini ditandai dengan tingginya kadar:

Titer Widal 1/200 (Thypus)

Anti-HBs (Hepatitis)

Menurut hasil pengecekan darah di Rumah Sakit Al-Islam, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Sebenarnya sebelum mulai dirawat hari minggu tanggal 16 Desember kemarin, nyokap udah ke RSUD ini hari sebelumnya. Waktu itu kakak gua yang perawat ngambil sampel darah di rumah dan dibawa ke Lab RSUD Koja. Hasilnya, trombosit nyokap 16.000. Wuiiihh... parah banget gua bilang. Gua yang saat itu berada di Bandung, dengan berat hati meninggalkan audisi dan langsung kembali ke Jakarta dengan menggunakan Travel. Baru aja nyampe di Bandung, dalam hati gua. Gua langsung bergegas ke RSUD Koja; nyokap udah dibawa ke sana.

Begitu nyampe di sini gua istirahat sejenak, kakak gua yang perawat dan nyokap gua turun untuk cek darah lagi. Kali ini hasilnya jauh berbeda dengan yang sorenya. Trombositnya naik menjadi 266.000. Kayaknya bukan naik deh ini, ini mah salah pengecekan. Udah gitu nyokap ditarohnya di ruang rapat karyawan karena udah kehabisan kamar. Ada sih kamar di kelas 2 di lantai 8, tapi nyokap lebih pengen di kelas 3 di lantai 6. Soalnya kakak gua kerja di lantai 6. Alhasil, nyokap tidur di atas kasur tanpa ranjang. Bener-bener tidur di lantai cuma dialasi kasur. Waduh, bener-bener deh. Udah gitu, dokter jaga menganjurkan nyokap untuk pulang aja, padahal nyokap udah bilang dia kedinginan banget kayak di puncak. Gemerletukan giginya. Tapi tetep aja dokter jaga, seorang wanita, itu tidak mengindahkan nyokap. Cuma dikasih resep obat panas biasa terus disuruh pulang.

Ya udah kami pulang pagi harinya. Begitu nyampe rumah, emang bener nyokap seger. Sempet jalan-jalan sendiri juga. Tapi begitu menginjak jam ke-3, nyokap kedinginan lagi. Gak tahan deh gua liatnya. Dikompres, minum obat, dipijitin, dikasih bubur, minum teh manis hangat, sampai air panas dimasukkan teko terus langsung ditempelin ke nyokap juga, beliau masih kedinginan. Beliau bilang saat itu:

”Aduuuhh... dingii..ii..ii..nnn... saya gak kuat lagi”

Ya udah gua dan keluarga langsung bawa beliau lagi ke rumah sakit. Tapi kali ini bukan RSUD Koja, melainkan ke RS Al-Islam. Masuk UGD. Nunggu 2 jam baru ketahuan penyakitnya. Thypus (kategori gejala) dan Levernya kumat. Beliau pernah kena penyakit yang sama pada tahun 2005 lalu. Waktu itu dirawat di RSUD Koja. Atas pertimbangan itu kami akhirnya membawa nyokap ke RSUD koja untuk dirawat di sana. Kami yakin dokter di sana udah cukup pengalaman untuk menangani penyakit nyokap. Lagipula jaraknya ke rumah lebih dekat. Jadi kami bisa dengan leluasa jenguk nyokap. Kalau di RS Al-Islam, hanya wanita yang boleh menjaga, pria tidak boleh masuk ke ruang rawat inap wanita.

4 comments:

Anonymous said...

semoga cepat sembuh

Anonymous said...

semoga mami lu cepat sembuh Hat...

Anonymous said...

bo, tetap tabah. dan semoga nyokap lu cepat sembuh.

(sorry cuma bisa doain dari jauh hehehe...)

Unknown said...

Thanks every body. Beliau udah mendingan, tapi masih dalam masa penyembuhan.