Monday, December 10, 2007

Taifun

Gua pertama kali denger kata ini waktu di Xiamen-China 2006 lalu. Waktu itu lagi ikut The 3rd World Choir Games. Seharusnya sih waktu itu jadwalnya summer di sana, tapi ternyata, lagi-lagi summer gagal.

Taifun adalah kondisi cuaca yang buruk. Hujan deras disertai angin yang kencang. Skala Taifun kira-kira seperti ini:


Skala 1: Angin kencang


Skala 2: Angin sangat kencang, mampu menerbangkan rok anda tinggi.


Skala 3: Angin sangat kencang, bisa membalikkan payung anda ke arah berlawanan


Skala 4: Angin sangat kencang, bisa menumbangkan pohon sedang


Skala 5: Angin sangat kencang sekali, mampu menumbangkan pohon besar dan menerbangkan atap, memecahkan kaca.


Kebetulan waktu kami di sana, kami sempat menghadapi taufan skala 4. Hmm... serem juga yah ternyata. Tapi dasarnya rombongan kami emang nakal sehingga kami tetap berkeliaran walaupun badai menghadang. Dalam hati, ah... segini mah kecil di Indonesia lebih parah juga kita tetap masuk kantor. Hahahahahahaha....


Anyway, ada pengalaman lucu nan mengharukan waktu di sana. Ceritanya gua terjebak badai di sana. Basah dan kedinginan. Payung gua udah rusak. Udah hampir setengah jam gua nunggu taxi tak kunjung datang. Akhirnya di halte itu gua beranikan diri bertanya kepada seseorang warga asli di sana. Kira-kira begini percakapannya:


Gue: I'm sorry sir, I need to go to this hotel (seraya gua menunjukkan kartu nama dari hotel tersebut)


Die: Liteng tasi hir.. liteng tasi hir


Gue: I'm sorry sir


Die: Little Taxi here... little taxi.


Gue: Oh... (Naon dalam hati gue. Little Taxi. Emang taxi ada kecil dan gede apa... Tapi gua nangkep sih maksud dia kalo di situ sedikit taxi yang lewat)


Die: Ehm.. fjadfjaklsdjfnnp and jdfas and jkdf sdifucnxsfpa and jdhfajdhfj (gua udah gak jelas dia ngomong apa. Bahasa inggris sih gua tahu, tapi intonasinya itu gua gak kenal. Yang pasti dia nunjukin gua peta bus terus gua berusaha, berusaha keras tepatnya, mengikuti jari dia bergerak sambil berusaha mengerti apa yang dia katakan. Gua gak berhasil)


Ngeliat gua makin bingung dia menimpali,


Die: dajshdjfh djfhasjkdhfjkasdh djkfahsdjkfh... (Dan sangking deserate-nya dia langsung narik tangan gua naik bus yang kebetulan lewat di halte)... fallong me... fallong me...


Akhrinya gua ama dia masuk bis. Dia diem aja. Gua juga diem aja. Dia juga masukin, ongkos buat gua. Wadoh baik banget nih orang. Umurnya sekitar 20-an. Pake kacamata. Matanya sipit (ya iyalah, jelas-jelas di china). Kemeja oranye dan celana panjang hitam, bawa payung warna kuning. Semua pakaian yang dia pake warnanya soft. Udah gitu dia narik gua turun. Nunggu beberapa lama, terus naek bus lagi. Kami diem-diem aja lagi berdua. Terus dia bawa gua turun lagi.


Abis itu dia berhentiin taxi. Terus dia ngomong:


Die: ha... huah... huah...


Dalem hati udah kayak binatang piaran aja cara nyuruh gua naek taksi. Ya udah gua masuk. Di dalem taksi dia ngomong ama supir taksi alamat yang dituju. Mereka ngomong make bahasa mandarin. Nampaknya sang pengemudi tahu alamat yang dia tuju. Terus mereka ngomong lagi. Kali ini gua gak ngerti entah apa yang mereka omongin. Terus gua asyik denger radio. Lucu radionya. Penyiarnya berusaha ngebagus-bagusin intonasinya biar kayak orang barat tapi terhalang sama aturan bahasa mandarin sendiri. Jadinya kedengeran aneh. Kadang nadanya tinggi dan kadang rendah. Susah banget jadi penyiar radio di China gua pikir.


Dalam keheningan akhirnya gua ngomong gini ke orang yang bantu gua.


Gue: Thank you very much sir, it's a very kind of you.


Die: Ah... ha...


Dalem hati, nih orang ngerti gak sih gua sedang berterima kasih. Udah aja, suasana jadi hening lagi. Ya udahlah. Gua juga jadinya diem aja.


Tiba-tiba orang itu turun. Terus dia ngomong lagi.


Die: Ldfjlakjsdlkfj aldkfjakld flakdjfklad...


Ya udah gua senyum aja ke dia. Terus taksi melaju, dan gua masih sempat melihat dia naek bus. Mungkin dia mau pulang ke rumahnya.


Dalem hati gua baik banget nih orang. Mau nganterin gua ambil taksi.

PS: Thank you yah Mr. who ever you are


2 comments:

Pojok Hablay said...

booo, itu pas kapan ya? elu mah udah dibilang gak boleh pergi-pergi, tetep pergi-pergi. dasar badung


**eh, gue juga ikutan badung dong ya**

Unknown said...

2006 yang ke Xiamen-China.

Jelas-jelas semua rombongan kita bepergian. Sementara rombongan bule-bule itu pada tinggal di Dorm. Hahaha... takut kali mereka yak. Emangnya kita, tancap terusssss......

Hihihihi...