Friday, December 28, 2007

Pak Didik

“Jelek-jelek gini saya pernah tinggal di Belanda lho.”

Gitu kira-kira salah satu potongan perkataan beliau ketika pertama kali gua kenalan ama beliau ini. Beliau ini emang paling suka merendah dan selalu mengatur tuturnya dalam berbicara. Rapih dan tidak menyerang. Nampaknya sudah begitu banyak hal yang beliau lalui untuk mencapai titik ini. Luar Biasa.

Nama lengkap beliau adalah Moch.NurSetyo Budi. Pria kelahiran Tumenggung ini memiliki seorang istri dan di karuniai 2 orang anak. Yang satu perempuan kelas 2 SD, yang satu lagi laki-laki, balita. Tunggangannya sehari-hari adalah Inova Gold dan beliau memiliki Pondok Asri hasil memeras keringat sendiri di komplek perumahan di Depok.

Jangan tertipu dengan penampilan beliau. Belah pinggir, berkacamata, sekilas memang biasa saja, tapi dalamnya. Wuiihh.. beliau ini arif nan bijaksana nan sabar nan canggih nan berpengalaman. Setidaknya itulah kesan gua terhadap beliau ini.

Waktu pertama gua bergabung dengan Ericsson Indonesia, beliau ini yang mementori gua. Hmm... karena gua orangnya agak skeptis (dan sedikit angkuh), gua mesti liat-liat dulu nih orang yang bakal ngajarin gua. Canggih apa nggak. Nampaknya beliau ini tau betul menghadapi orang-orang macam gua. Beliau keluarin dulu semua CV-nya, beliau terangin pengalaman-pengalamannya, langsung gua manut-manut dan percaya. Nice. Semenjak itu emang gua manut terus ama beliau, dan tidak menemui kesulitan.

Beliau ini yang pertama kali ngajarin gua bikin script. Satu-satu, perlahan tapi pasti gua diajarin caranya bikin script. Bener-bener perlahan. Sampai gua ngerti polanya. Gua pantengin terus apa kata beliau. Beberapa ada yang masuk dan gua ngerti, beberapa gua bleng. Ngomong apa bapak ini gua kagak ngarti. Cuma yah emang dasarnya orang penyabar, yah pelan-pelan beliau ajarkan.

Seminggu kemudian tiba-tiba beliau meninggalkan gua bekerja sendirian di Jakarta. Beliau pergi ke Bandung dan ke Jogja untuk pekerjaan dalam projek yang sama. Projek XL. Wuiihh... panik gua ditinggal sendiri, beliau ini yang jadi sasaran telpon setiap saat gua gak ngerti apa-apa. Bahkan untuk hal-hal kecil yang nggak penting sekalipun beliau ini juga tabah menjawab. Kalo gua yang ditanya mungkin saat itu gua akan bilang: ”Koq begitu aja nanya sih?”. Beliau itu pantang ngomong gitu. Semasa dia mampu menjawab pasti dijawab. Kalau gak bisa beliau bilang tidak tahu. Bravo!

Beliau ini Master RNC di Group OI/X Ericsson Indonesia. Kalo ngomong sih kayaknya gak meyakinkan, tapi waktu kerja, satu-satu beres aja. Tiba-tiba semuanya udah kelar. Peruntungan juga selalu ada dipihak beliau nih. Hehe, yang ini rahasia.

Yang paling gua suka adalah, beliau selalu memanggil lawan bicaranya dengan sebutan namanya. Contoh:

“Kalau saya sih biasanya begini, tapi kalau Sahat mau begono juga gak papa. Hehe”

Beliau jarang pakai kata kamu. Nah, gua kalo dipanggil dengan sebutan kamu, gua langsung ngerasa terintimidasi banget.

Pencinta musik yang satu ini juga adalah orang yang jujur. Terbukti dengan beliau selalu berlaku fair untuk urusan SAP dan TER. Hal ini yang paling membuat gua terkesan sama beliau. Kalau masalah ilmu, pada akhirnya gua akan mengerti. Tapi kalau masalah behaviour yang benar dalam bekerja, gua bersyukur banget beliau yang ngajarin gua. Begitu masuk langsung didoktrin hal-hal yang baik oleh beliau. Wah, senang banget deh gua.

So long seniro... Farewell. Sukses selalu dan keluarga sehat selalu.

3 comments:

mnoorbudi said...

Hi Sahat,

Trimakasih atas komentar2 baik tentang saya. Wah jadi nggak enak nih.. he he he
Tapi memang hidup yang cuman sebentar dan sekali ini lebih baik mempunyai teman2 yang baik macam Sahat daripada menciptakan musuh2 yang malah akan membuat hati yang tidak tenang.

Ada satu komentar yang salah tentang saya yaitu, saya bukan the Master of RNC.

Sekali lagi trimakasih.

Keep in touch and success.

regards,

Moch Nursetyobudi

Unknown said...

Sama-sama Master Didik.
Semoga sukses selalu dan keluarga sehat juga.

Thanks.

Peternak Hebat said...

wah di belanda