Wednesday, May 16, 2007

Nambah

Nambah

Tulang gua datang dari Pontianak. Bareng ama Nantulang gua untuk kepentingan pelatihan calon pensiunan PLN sekaligus menghadiri Wisuda anaknya yang kedua. Tulang gua ini suka banget makan dan kalo makan pasti nambah. Rela deh dia nunggu nasi siap masak dulu (sekitar 30 menit) dari pada nanti makan nasi yang ada tapi gak puas. Dan emang udah jadi kebiasaan juga bagi orang Batak untuk nambah nasi + lauk kalo lagi makan bersama.

Tiba-tiba nyokap gua cerita mengenai famili jauh gua yang lain, yang gak punya kesempatan untuk nambah. Mengharukan. Mereka sekeluarga ber-4. Sang kepala keluarga—yang ternyata kalo ditarik hubungannya ama gua berdasarkan garis keturunan adalah Tulang dan Bere—udah 3 tahun ini terserang stroke. Nantulang gua ini juga berusaha untuk jualan tapi tetep aja kalah saingan. Anaknya ada 2 cowo semua, gak punya kerjaan tetap melainkan ngangkat-ngangkatin sampah dengan pendapatan yang minim. Yang paling mengharukan mereka cuma makan 2 kali sehari. Dan kalau mereka mau nambah, gak bisa. Memang cuma segitu adanya. Cuma segitu ada nasinya.

Hmm… gua jadi berpikir dan berpikir sangat dalam, koq bisa ya? Tapi memang itulah keadaannya. Gua jadi bersyukur banget buat setiap makanan yang gua peroleh. Gua yakin banyak banget orang-orang di luar sana yang bernasib sama, yang gak punya kesempatan untuk nambah, bahkan makan.

No comments: