Thursday, September 13, 2007

Gimana Sih Caranya Agar Suka Membaca?

Gimana sih caranya agar suka membaca?

Gua ternyata punya kebiasaan buruk. Gua kalau baca cuma selintas lalu aja. Banyak hal-hal yang gua lewatkan. Gak tau kenapa. Rasanya malas untuk membaca sesuatu itu dengan seksama. Bener-bener dimengerti maksud detail dari seorang penulis memilih kata atau kalimat itu. Cara baca gua cuma membaca garis besar atau ide utama dari tulisan aja. Rasanya itu kurang baik deh nurut gua. Gua lebih suka ama yang baca dengan detail sebenernya, walopun gua gak tau kenapa gua jadi begini kalo baca.


Padahal kan kalo gak suka baca, kata Tantowi Yahya, dekat dengan kebodohan, dekat dengan kemisikinan.


Gua juga emang lahir di tengah keluarga yang bukan pecinta membaca. Palingan gua ama Kakak gua yang kedua yang suka baca. Itu pun novel (ternyata baik juga yah baca novel itu, minimal suka baca). Informasinya kadang kurang. Iyalah, yang dibaca Wiro Sableng gitu lho... Hehe.


Gua tuh pengen banget bisa membaca yang cepat, mengerti detail, dan ini yang terpenting, gak cepat bosan. Soalnya kalo bosan biasaya langsung gua lewatin aja. Hiks.


Gimana yah caranya?


1 comment:

Pojok Hablay said...

paksa. biasakan. cari bacaan yang pas. dan matikan tivi :)