Thursday, November 27, 2008

Thanksgiving

Di Negeri Paman Sam sana sekarang sedang merayakan suatu perayaan bernama:

Thanksgiving.

Sebenernya bukan pertama kali sih gua mendengar kata ini, malah cenderung gua merasa sok tahu dibanding orang-orang lain. Gua mau kelihatan gaul gitu, Amerika or Western dong di mata orang lain. Padahal gua gak tahu dan malas cari tahu. Akhirnya gua merendahkan hati gua dan gua bertanya kepada orang yang sangaaaaaatttt tepat, sang asisten Prof nan gecor abeesss. Berikut pembicaraan gua dengan veliau. Hahaha...

sahat: kalau thanksgiving itu hari kamis minggu terakhir november yah?
olohok_99: ya
sahat: happy thanksgiving
olohok_99: thanks
olohok_99: actually it's the fourth thursday in november
olohok_99: belum tentu terakhir (kalau thurs nya ada 5, tetap yg ke-4)
sahat: oh.. gitu..
sahat: buat apa sih.. peringatan thanksgiving itu
sahat: kenapa juga identik dengan turkey..
olohok_99: traditionally sih ini harvest festival
sahat: sebenernya gua sih bisa liat wiki.. cuman lebih enak wawancara
olohok_99: saatnya bersyukur
sahat: hmm.. baiklah kalau begitu.. aku juga bersyukur
sahat: hehehe
olohok_99: waktu jaman org2 spanish datang ke amerika
olohok_99: mereka settle.... dan sebagai tanda bersyukur sudah sampai dgn selamat
olohok_99: di new world
olohok_99: (soalnya kan kabur dari eropa)
olohok_99: mrk mengadakan kebaktian syukur
olohok_99: jadilah the first thanksgiving
olohok_99: dan orang2 jaman dulu itu memakan turkey sbg main meal dinner setelah kebaktian
olohok_99: tapi turkey nya ngga segede2 gaban kayak sekarang....
olohok_99: makanya gue besok akan pakai duck, yg lebih mirip turkey jaman tradisional dulu
sahat:
sahat: kalo kondisi real-nya sendiri, emang semeriah itu dirayakan orang USA sana
sahat: atau sama seperti hari Pahlawan di sini.
olohok_99: ini lebih kaya family time
olohok_99: ngga sekomersial christmas
olohok_99: kecuali emang ada black friday sale.... tapi org2 sendiri sih benar2 mementingkan thanksgiving utk ketemu keluarga
olohok_99: bagi org2 amerika, kumpul saat thanksgiving malah hampir sama atau lebih penting dari saat xmas
olohok_99: walaupun aslinya adalah tradisi kristen, jadi sekular... dan semua pingin merayakan thanksgiving dgn org2 terdekat
olohok_99: biasanya ngga pesta rame2 kaya christmas
sahat: oh..
sahat: lu ndiri akan merayakan dengan siapa tahun ini? teman2 terdekat kah?
olohok_99: ya, teman2 terdekat
olohok_99: walaupun gue diundang org2 indonesia di sini.... gue mungkin cuma formalitas aja datang ke acara mrk.... gue mau spending time dgn closest friends
olohok_99: small gathering
sahat: closest friends loe tuh sejenis sama loe semua yah?
sahat: edoen-ers semua lagi jangan2
sahat: gile gempa dong di sono..
sahat: hahaha..

Thank you lady day for your information. Nice to know it.

No comments: