Thursday, September 16, 2010

Menggubah Lagu: Haleluya, Syukur BagiMu

Sedang mencoba-coba menciptakan choral work, suatu karya yang hanya akan dimainkan dengan instrumen vokal manusia.

Liriknya sebagai berikut:

Haleluya, haleluya
Syukur bagi namaMu yang Kudus dan Mulia
S'bab Kau baik dalam hidupku
Tak pernah Kau meninggalkanku s'panjang umur hidupku
Kau tetap setia menjaga diriku
Dan ku kan bernyanyi:
Haleluya, Sukacita dalam Tuhan.
Haleluya, haleluya.

Karya ini aku ciptakan sebagai rasa syukur yang mendalam betapa Allah selalu ada dalam hidupku. Sekalipun aku sering mendukakan hatiNya.

Lagu ini terdiri dari 4 bagian. Bagian pertama adalah pembuka dan sekaligus juga penutupnya. Bunyi yang ingin terdengar dibagian pertama ini adalah: do re mi fa sol fa, fa mi do mi re do. Selanjutnya adalah bagian sahut-sahutan Alto dan Bass, kemudian sahut-sahutan Sopran 1, Sopran 2, Alto + Bass, dan ditutup oleh powerful Tenor.

Bagian ketiga adalah puncak dari lagunya. Bar ke-14 sampai dengan Bar ke-25. Bar-26 merupakan bagian yang harus dinyanyikan dengan kuat, sehingga menimbulkan perubahan efek yang drastis untuk bagian selanjutnya (bagian ke-4). Bagian ke-4 adalah bagian Allegro. Seluruh penyanyi harus bisa merasakan dan menyanyikan beat yang diminta di lagu ini. Dimulai dari messo forte Alto + Tenor + Sopran 2, kemudian disusul oleh Bass. Ketika Bass mulai masuk Alto + Tenor + Sopran 2 harus mengecil. Kemudian disusul oleh Sopran 1.

Diharapkan komposisi ini bisa menampilkan keindahan sekaligus sukacita hidup di dalam Tuhan kita Yesus Kristus. Dan tentunya menyentuh hati banyak orang. Tuhan Yesus memberkati.















































































PS: Bagi choral lovers yang ingin mencoba lagu ini, dapat meminta .pdf-nya kepada saya secara Japri melalui sahathutajulubo@yahoo.com.
Sebagai gantinya, mohon dikirimkan hasil rekaman dari lagu ini sebagai feedback untuk perbaikan. Terima kasih.

No comments: